Kira-kira, sektor pasar apa yah yang dari dulu, sekarang dan di masa depan akan menggunakan internet sebagai media untuk memilih dan membeli produk ?

Untuk memasarkan produk, menjual dan proses bisnis lainnya, umumnya sekarang ini membutuhkan media internet. Karena dengan media internet proses bisnis yang berlangsung lebih cepat dan lebih efisien. Memasarkan produk juga dapat dilakukan dengan media internet.

Kecenderungan memasarkan produk saat ini merambah hampir ke semua produk. Namun yang menjadi pertanyaan apakah kecenderungan memasarkan produk melalui media internet akan berlangsung lama ? apakah benar semua produk dapat berhasil dipasarkan melalui media internet ? Banyakah pelanggan yang membeli produknya melalui media internet ?

Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan untuk memasarkan produknya melalui media internet. Internet berguna untuk mendapatkan informasi tentang kecenderungan pelanggan memilih produknya. Dengan internet kita dapat mengetahui produk yang diminati pelanggan, keiinginan pelanggan dan informasi-informasi lainnya.

Marketing adalah proses manajemen yang bertanggung jawab untuk mengidentifikasi, mengantisipasi dan memuaskan permintaan pelanggan.
Dari penjelasan diatas dapat 3 hal yang perlu diperhatikan yaitu
  1. Identifikasi, bagaimana bisa internet digunakan untuk riset marketing untuk menemukan kebutuhan dan kemauan pelanggan ?
  2. Antisipasi, antisipasi kebutuhan untuk layanan digital adalah kunci untuk mengatur mengalokasikan sumber daya untuk e-business.
  3. Kepuasan, kunci untuk e-marketing adalah bagaimana untuk memuaskan pelanggan melalui jalur elektronik.
Untuk membuat e-marketing perlu dilakukan perencanaan terlebih dahulu, Perencanaan E-marketing dilakukan untuk mencapai tujuan marketing dari strategi e-business.
SOSTAC merupakan strategi yang dikembangkan Paul Smith, berisi rangkuman dari tahapan yang harus terlibat dalam strategi marketing dari strategi pengembangan sampai pada tahap implementasi. Tahapan SOSTAC dapat dirangkum sebagai berikut :
  • Situation, dimana kita sekarang ?
  • Objectives, kita ingin kemana ?
  • Strategy, bagaimana cara kita ke sana ?
  • Tactics, bagaimana cara yang tepat untuk menuju kesana ?
  • Action, apa rencana kita ?
  • Control, apakah kita menuju ke arah sana ?


Untuk mengetahui lingkungan sekarang dan dimasa depan dengan strategi apa perusahaan harus beroperasi dengan tujuan apakah strategi yang diterapkan realistik untuk pasar. Berikut ini merupakan analisis situasi yang ada



Faktor kunci sukses strategi e-marketing dan e-business adalah level sekarang dan dimasa depan dari permintaan pelanggan untuk layanan e-commerce di segmen pasar yang berbeda.
  • Berapa persentase dari bisnis pelanggan yang mempunyai akses internet ?
  • Berapa persentase anggota yang membeli unit dari bisis ini dari yang mengakses internet ?
  • Berapa persentase pelanggan yang mempersiapkan untuk membeli produk secara online ?
  • Berapa persentase pelanggan yang mengakses internet yang tidak mempersiapkan membeli secara online, tetapi karena terpengaruh oleh informasi pada web, membeli barang secara offline ?
Berdasarkan referensi diatas, sektor pasar yang akan bertahan dari dulu, sekarang, dan di masa depan menurut saya sektor pasar yang akan menggunakan media internet adalah :
  • Toko Buku dan Supermarket-supermarket besar (Goods Consumer) untuk memesan barang-barang yang akan dijual.Misalnya Carerrefor dengan vendornya, jika barang yang disediakan vendor berkurang, dengan bantuan internet dan sistem informasi yang baik, maka vendor akan segera mengetahui barang yang disediakan vendor berkurang. Toko Buku misalnya amazon.com.
  • Penjualan barang-barang umum, dan perubahannya tidak terlalu drastis. misalnya laptop, barang elektronik yang kegunaan nya umum dan mudah dideksripsikan melalui animasi. Contohnya pada Bhinneka, studiohp.
  • Paket liburan misalnya pemesanan tiket, hotel, dan pemesanan paket-paket liburan.
  • Perbankan, misalnya klikbca, karena transaksi perbankan secara manual memakan waktu cukup lama, dengan media internet transaksi perbankan akan mudah dilakukan kapan saja dan dimana saja, terlebih tidak memakan waktu yang cukup lama. Mengingat banyaknya customer dari bank, pasar perbankan akan terus menerus membutuhkan media internet dalam membantu proses bisnisnya.
  • Dalam dunia pendidikan misalnya pendaftaran sekolah, kursus. karena dengan pendaftaran melalui media internet akan lebih mudah


0 komentar: